Rabu, 30 September 2020

Visi dan Misi dalam Hidup

 Sebelum membahas misi lebih dalam, alangkah baiknya kita dapat memahami terlebih dahulu perbedaan visi dan misi agar tidak keliru dalam mengambil langkah ke depannya.



Menurut KBBI, visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan ; pandangan atau wawasan ke depan ; kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan. Sedangkan misi menurut KBBI adalah tugas yang dirasakan orang sebgai suatu kewajiban untuk melakukannya. Dengan kata lain, visi adalah tujuan, masa depan, dan cita-cita yang ingin dilakukan, dan misi adalah langkah atau cara untuk mewujudkannya.

Sebagai contoh, jika saya memiliki misi, maka berarti saya juga mempunyai visi yang harus saya capai, dan saya melakukannya melalui misi saya. Visi dan misi dalam hidup sangat penting, karena jika kita memiliki visi dan misi, maka berarti kita memiliki pandangan hidup untuk ke depannya, kita juga tahu kemana kaki kita akan melangkah untuk ke depannya.

Visi misi dalam hidup dapat berasal dari sesuatu yang ingin kita capai ke depannya, berikut ini merupakan contoh visi misi dalam hidup :

1. Visi : menjadi seseorang yang tangguh, dan memiliki kepribadian yang baik yang dapat membawa diri sendiri dan orang di sekitar ke dalam kehidupan yang bahagia di dunia maupun di akhirat, dan juga mempunyai nilai yang bermanfaat bagi orang lain.

Misi : 

> Bekerja dengan giat, dan terus belajar tanpa kenal lelah.

> Membentuk karakter diri dengan selalu memperhatikan dan mengarakan perilaku diri ke arah yang lebih baik.

> Membuat perencanaan atas segala sesuatu yang dilakukan.

> Menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Visi : Menjadi seorang ahli gizi yang dapat memperbaiki gizi masyarakat Indonesia.

Misi : 

> Belajar dan terus mencari pengetahuan mengenai gizi yang baik.

> Menerapkan perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri dulu, kemudia ke orang lain.

> Melakukan penyuluhan ke beberapa lapisan masyarakat, yang dapat dilakukan mulai dari media sosial.

Selain dari visi misi di atas, masih banyak lagi visi misi yang dapat dicapai dan ditargetkan pada diri seseorang, tergantung dari pencapaian yang ingin dicapainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kemitraan Lembaga Keuangan Penanam Modal/Investasi dan Build Operates Transfer (BOT)

Menurut undang-undang republik Indonesia no.9 tahun 1995 kemitraan adalah kerjasama usaha antara usaha kecil dan usaha menengah atau usaha b...