Kamis, 24 September 2020

Potensi Diri

Potensi diri adalah kemampuan dan kapasitas individu yang masih tersimpan dalam diri manusia, dan belum diaktualisasikan melalui perilaku, perbuatan, dan aksi. Menurut KBBI, potensi diri adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki seseorang, namun belum dipergunakan secara maksimal. Datangnya potensi diri berasal dari bakat dan kerja keras, jadi semakin diri kita melakukan suatu hal tersebut, maka akan semakin terlihat pula potensi diri yang kita miliki.



Dalam hal ini potensi diri yang saya miliki seperti memiliki rasa tanggung jawab, semakin kita melatih diri kita untuk bertanggung jawab, maka akan semakin tinggi juga rasa tanggung jawab kita terhadap orang lain. Selain itu, ada beberapa potensi diri yang saya miliki dan saya dapat ketahui setelah mendapat masukan dari teman-teman dan orang-orang di sekitar saya, seperti memiliki jiwa kepemimpinan, namun hanya potensi diri yang bersifat positif saja, tetapi juga ada potensi diri dalam diri saya yang bersifat negatif, yaitu adanya rasa kurang percaya diri yang saya miliki, hal ini saya ketahui setelah saya berusaha untuk mengenali diri saya sendiri. Tentunya hal seperti ini sangat tidak boleh untuk dilanjutkan dan tidak boleh menjadi kebiasaan bagi diri saya sendiri. Oleh karena itu, saya berusaha untuk menghilangkan hal itu dalam diri saya sendiri, setidaknya mengurangi sudah lebih baik daripada tidak sama sekali.

Berikut ini merupakan cara saya dapat mengenali potensi diri saya yaitu dengan cara :

1. Berusaha mengenali diri sendiri

2. Banyak membaca, melihat, dan merasakan

3. Mencoba hal-hal baru

4. Mendengarkan saran dan bertanya kepada orang-orang terdekat

Oleh karena itu, marilah kita mengenal potensi diri yang kita miliki. Karena jika bukan kita yang dapat mengenalnya, maka siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kemitraan Lembaga Keuangan Penanam Modal/Investasi dan Build Operates Transfer (BOT)

Menurut undang-undang republik Indonesia no.9 tahun 1995 kemitraan adalah kerjasama usaha antara usaha kecil dan usaha menengah atau usaha b...