Sebelum
membuka usaha, terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk
menciptakan suatu produk dan lapangan pekerjaan yang tepat. Strategi tersebut
dapat berasal dari sebuah ide yang kreatif baik yang didapatkan dengan sengaja
ataupun yang tidak sengaja. Selain itu, ide tersebut juga dapat kita hasilkan
dengan melihat sebuah peluang usaha dan strategi usaha yang tepat.
Terdapat 3
cara sebelum membuka usaha, yaitu :
1. 😊 Merintis usaha baru (mendirikan
usaha baru dengan menggunakan modal, ide, organisasi, dan manajemen yang
dirancang sendiri).
2. 😊 Membeli
perusahaan orang lain (buying), yaitu membeli perusahaan yang telah
didirikan atau dirintis atau diorganisir oleh orang lain dengan nama (goodwill)
dan organisasi usaha yang sudah ada.
3. 😊 Kerjasama
Manajemen (Frachising), merupakan kerjasama antara franchisee dengan
franchisor /parent company.
Terdapat
pula 2 pendekatan utama yang digunakan dalam mencari peluang usaha, yaitu :
1. 💙 Inside
out (idea generation) adalah pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang
menentukan keberhasilan usaha.
Sebagai
contoh :
Ø Menciptakan
ide berdasarkan penemuan secara tidak sengaja
Maksud dari menciptakan ide ini adalah
adanya ketidaksengajaan dalam suatu kegiatan yang dapat dijadikan sebuah ide
dalam membuka usaha, sebagai contoh, kita mengalami suatu kejadian dan kejadian
itu tidak sengaja membuka ide untuk kita dalam membuka usaha.
Ø Menciptakan
ide berdasarkan pencarian ide dengan penuh pertimbangan
Kita perlu memikirkan kembali usaha yang
akan kita buka, seperti saat ini kegiatan bersepeda sedang menjadi tren dalam
kalangan masyarakat, sehingga menghasilkan ide untuk membuat suatu produk yang
berhubungan dengan sepeda, dapat berupa bentuk makanan, ataupun aksesoris
sepeda.
2. 💙 Outside
in, atau opportunity recognition, yaitu pendekatan yang menekankan pada basis
ide bahwa kebutuhan akan berhasil apabila menanggapi atau menciptakan kebutuhan
di pasar.
Contohnya
:
Ø Mencari
kesempatan melalui relasi keluarga ataupun teman
Dalam usaha, kita juga perlu mempunyai
relasi untuk mengetahui minat pasar yang sedang tren, dan memiliki kolega
bisnis yang dapat membantu usaha kita. Sehingga usaha kita dapat diminati oleh
kalangan masyarakat.
Ø Mencari
kesempatan berdasarkan pengalaman
Berdasarkan pengalaman yang dimiliki, kita dapat
mengetahui kebutuhan yang sedang diminati dan dicari dalam pasaran, sehingga
produk yang kita ciptakan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.
Berita peluang usaha
dapat bersumber dari berbagai hal, seperti :
1. 👊 Surat kabar
2. 👊 Laporan periodik tentang perubahan
ekonomi
3. 👊 Jurnal perdagangan dan pameran dagang
4. 👊 Publikasi pemerintah
5. 👊 Informasi lisensi produk yang disediakan
oleh pialang saham, universitas, dan usaha lainnya.
Kesimpulan :
Ide bisnis yang akan
kita jalankan dapat diperoleh dari berbagai sumber ide, dapat berupa ide
kreatif, dan berupa ide pengamatan yang kita dapatkan dari suatu peluang usaha
yang berasal dari pasaran yang sedang tren. Oleh karena itu, kita harus dapat
memanfaatkan peluang yang ada, dan harus dapat mengatur strategi yang baik
dalam memulai usaha.
hai semuanya maaf saya telah pergi begitu lama tetapi begitu banyak yang telah terjadi dan tidak ada waktu untuk memposting. saya pindah ke new orleans minggu pertama bulan juli dan kaki saya menginjak tanah. saya telah bekerja di rumah lama saya di florida selama beberapa minggu terakhir dan saya kelelahan setelah berhasil mendapatkan pinjaman dari mr pedro dan perusahaan pinjamannya pada tingkat 3 untuk membantu menyelesaikan rumah saya! jadi tidak ada waktu untuk berolahraga, tidak ada waktu untuk makan dengan benar dll.....saya sangat ingin hidup saya kembali dan saya sangat bangga dengan apa yang mr pedro lakukan kepada saya dengan membantu saya dengan pinjaman. saya akan meninggalkan email mr pedro di sini sehingga siapa pun yang mencari pinjaman dapat menghubungi mr pedro di ...pedroloanss@gmail.com atau teks whatsapp...+18632310632. semoga hidupku bisa kembali seperti semula. rindu kalian berharap untuk segera kembali.
BalasHapus