Rabu, 07 Oktober 2020

Sumber-Sumber Ide Bisnis

Sebelum membuka usaha, terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk menciptakan suatu produk dan lapangan pekerjaan yang tepat. Strategi tersebut dapat berasal dari sebuah ide yang kreatif baik yang didapatkan dengan sengaja ataupun yang tidak sengaja. Selain itu, ide tersebut juga dapat kita hasilkan dengan melihat sebuah peluang usaha dan strategi usaha yang tepat. 

 


Terdapat 3 cara sebelum membuka usaha, yaitu :

1.  😊 Merintis usaha baru (mendirikan usaha baru dengan menggunakan modal, ide, organisasi, dan manajemen yang dirancang sendiri).

2.  😊     Membeli perusahaan orang lain (buying), yaitu membeli perusahaan yang telah didirikan atau dirintis atau diorganisir oleh orang lain dengan nama (goodwill) dan organisasi usaha yang sudah ada.

3.  😊   Kerjasama Manajemen (Frachising), merupakan kerjasama antara franchisee dengan franchisor /parent company. 

 

Terdapat pula 2 pendekatan utama yang digunakan dalam mencari peluang usaha, yaitu :

1.   ðŸ’™   Inside out (idea generation) adalah pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha.

Sebagai contoh :

Ø  Menciptakan ide berdasarkan penemuan secara tidak sengaja

Maksud dari menciptakan ide ini adalah adanya ketidaksengajaan dalam suatu kegiatan yang dapat dijadikan sebuah ide dalam membuka usaha, sebagai contoh, kita mengalami suatu kejadian dan kejadian itu tidak sengaja membuka ide untuk kita dalam membuka usaha.

Ø  Menciptakan ide berdasarkan pencarian ide dengan penuh pertimbangan

Kita perlu memikirkan kembali usaha yang akan kita buka, seperti saat ini kegiatan bersepeda sedang menjadi tren dalam kalangan masyarakat, sehingga menghasilkan ide untuk membuat suatu produk yang berhubungan dengan sepeda, dapat berupa bentuk makanan, ataupun aksesoris sepeda.

2.   ðŸ’™   Outside in, atau opportunity recognition, yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa kebutuhan akan berhasil apabila menanggapi atau menciptakan kebutuhan di pasar.

Contohnya :

Ø  Mencari kesempatan melalui relasi keluarga ataupun teman

Dalam usaha, kita juga perlu mempunyai relasi untuk mengetahui minat pasar yang sedang tren, dan memiliki kolega bisnis yang dapat membantu usaha kita. Sehingga usaha kita dapat diminati oleh kalangan masyarakat.

Ø  Mencari kesempatan berdasarkan pengalaman

Berdasarkan pengalaman yang dimiliki, kita dapat mengetahui kebutuhan yang sedang diminati dan dicari dalam pasaran, sehingga produk yang kita ciptakan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

 

Berita peluang usaha dapat bersumber dari berbagai hal, seperti :

1.   ðŸ‘Š   Surat kabar

2.   ðŸ‘Š   Laporan periodik tentang perubahan ekonomi

3.    👊  Jurnal perdagangan dan pameran dagang

4.    👊  Publikasi pemerintah

5.     ðŸ‘Š Informasi lisensi produk yang disediakan oleh pialang saham, universitas, dan usaha lainnya.

Kesimpulan :

Ide bisnis yang akan kita jalankan dapat diperoleh dari berbagai sumber ide, dapat berupa ide kreatif, dan berupa ide pengamatan yang kita dapatkan dari suatu peluang usaha yang berasal dari pasaran yang sedang tren. Oleh karena itu, kita harus dapat memanfaatkan peluang yang ada, dan harus dapat mengatur strategi yang baik dalam memulai usaha.


1 komentar:

  1. hai semuanya maaf saya telah pergi begitu lama tetapi begitu banyak yang telah terjadi dan tidak ada waktu untuk memposting. saya pindah ke new orleans minggu pertama bulan juli dan kaki saya menginjak tanah. saya telah bekerja di rumah lama saya di florida selama beberapa minggu terakhir dan saya kelelahan setelah berhasil mendapatkan pinjaman dari mr pedro dan perusahaan pinjamannya pada tingkat 3 untuk membantu menyelesaikan rumah saya! jadi tidak ada waktu untuk berolahraga, tidak ada waktu untuk makan dengan benar dll.....saya sangat ingin hidup saya kembali dan saya sangat bangga dengan apa yang mr pedro lakukan kepada saya dengan membantu saya dengan pinjaman. saya akan meninggalkan email mr pedro di sini sehingga siapa pun yang mencari pinjaman dapat menghubungi mr pedro di ...pedroloanss@gmail.com atau teks whatsapp...+18632310632. semoga hidupku bisa kembali seperti semula. rindu kalian berharap untuk segera kembali.

    BalasHapus

Kemitraan Lembaga Keuangan Penanam Modal/Investasi dan Build Operates Transfer (BOT)

Menurut undang-undang republik Indonesia no.9 tahun 1995 kemitraan adalah kerjasama usaha antara usaha kecil dan usaha menengah atau usaha b...